BAKAT KEPEMIMPINAN

Posted on Senin, 20 Juli 2009 by lia yulistino sugiono

BAKAT KEPEMIMPINAN

Bakat Kepemimpinan Dalam Diri

Penulis : Brian O’neill

PENDAHULUAN

Manfaat :

Membantu kita dalam mendefinisikan “kepemimpinan” , membentuk model kepemimpinan kita.

Anda akan menemukan acuan mengenai pandangan – pandangan yang mungkin menguatkan atau bertentangan dengan apa yang Anda percayai.Buku ini bukan untuk menguji persetujuan kita , tetapu untuk memperluas pandangan Anda mengenai untuk apakah kepemimpinan bagi Anda.

Tujuan :

Untuk menyoroti gambaran didalam benak Anda mengenai menjadi pemimpin seperti

Apa yang Anda inginkan

MAKNA KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan adalah :

1.Memberi makna dan tujuan

2.Menenkankan pada hal – hal yang tepat untuk dikerjakan

3.Membentuk lingkungan yang kondusif bagi organisasi untuk mencapai tujuan – Tujuannya.

4.Membuat orang lain melakukan apa yang Anda inginkan

5.Memotivasi orang untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan sukarela

6.Memungkinkan orang lain bertanggung jawab

7.Memberdayakan orang lain untuk mengerjakan apa yang mereka anggap benar

8.Membantu orang lain merasa aman , lebih percaya diri

9.Mengembangkan , menjaga , dan mengubah budaya

10.Memiliki pangsa pasar yang lebih besar daripada para pesaing

11.Memiliki produk yang paling bagus dan layanan pasaran

MENEMUKAN KEPEMIMPINAN YANG HEBAT

A,Pandangan modern mengenai kepemimpinan bersifat lebih realistik , antara lain ;

1.Wanita juga bisa menjadi pemimpin yang hebat

2.Anda tidak harus menjadi orang yang hebat dan baik

3.Banyak keahlian dan kualitas yang menjadikan pemimpin hebat bisa dipelajari

4.Kebanyakan pembelajaran berasal dari pengalaman

B.Tiga Jenis Model Kepemimpinan

1.Pemimpin Berwawasan Kedepan

Contoh ; direktur , eksekutif senior , kepala sekolah , hakim , dekan senior , dll.

Tugas Kepemimpinan

Pola Pikir Kepemimpinan

Karakter Yang Tepat

Menilai Kualitas Visi

2.Pemimpin Yang Terintegrasi

Contoh ; kepala departemen , manajer umum suatu perusahaan besar , manajer regional Senior , rekanan junior

Tugas Kepemimpinan

Pola Pikir Kepemimpinan

Karakter Yang Tepat

Menilai Kualitas Integrasi

3.Pemimpin Yang Mengutamakan Penyelesaian Tugas

Contoh ; guru senior , manajer proyek , supervisor , kepala tim , manajer toko , manaJer bank , manajer / supervisor audit

Tugas Kepemimpinan

Pola Pikir Kepemimpinan

Karakter Yang Tepat

Menilai Karakter Untuk Menyelesaikan pekerjaan

C.Ujilah Diri Anda Sendiri

1.Tiga karakter terpenting apa yang menurut Anda harus dimiliki oleh seorang pemimpin?

2.Jika Anda harus memilih satu diantaranya , karakter mana yang akan Anda pilih ?

Mengapa Anda memilih karakter tersebut ?

CITRA KEPEMIMPINAN

A.Ahli

B.Pendorong

C.Bersahabat

D.Pahlawan

E.Pembimbing

MEMBANGUN MODEL KEPEMIMPINAN

Dengan memperhatikan hal – hal sebagai berikut

1.Apakah Anda akan mengubah ”tiga kualitas penting seorang pemimpin yang harus Anda miliki ? Mengubah menjadi apa?

2.Apakah kekuatan – kekuatan Anda ?Apakah ada kekuatan yang Anda remehkan ?

3.Apakah citra diri yang dominan merupakan gaya yang Anda inginkan?

4.Adakah keseimbangan antara tipe tugas Anda (Tipe Ahli , Pendorong atau Pahlawan) Dan tipe orang lain (Tipe bersahabat atau pembimbing)?

5.Kualitas dan gaya apa yang memberi Anda tingkat kepemimpinan yang potensial atau Lebih tinggi ?

6.Kesenjangan apa yang terjadi antara kualitas dan gaya kepemimpinan yang Anda miliki Dan kualitas dan gaya kepemimpinan yang ingin Anda miliki? Bagaimana Anda akan Menghapus kesenjangan itu?

7.Seberapa dekat penilaian diri Anda sesuai dengan feedback yang Anda dapatkan dari Orang lain?

MENGAJAK ORANG LAIN MENGIKUTI ANDA

Mempengaruhi Orang Lain

Pendorong kekuasaan

Mengembangkan Dominasi

Mengembangkan Komitmen

Perhatian Berbeda Pada Orang Yang Berbeda

Beberapa Hal Yang dilakukan pemimpin Yang Baik untuk memberikan makna kepada anak buahnya ;

1.Kejujuran dan keterbukaan

2.Rasa Hormat

3.Inklusif

4.Keadilan

5.Kesamaan

6.Bangga dalam bisnisnya

7.Senang dan bersemangat

TIM – TIM BINTANG
Tim – Tim Kunci Sukses

1.Merupakan media efektif untuk mengumpulkan bakat dan keahlian para individual

2.Kerja tim meningkatkan kerjasama dan komunikasi didalam dan diantara bagian – bagian perusahaan .

3.Tenaga kerja dan tim sering mengatasi banyak masalah lebih efektif dan lebih cepat daripada individu – individu atau hirarki – hirarki

4.Tim – tim bekerja melewati batas organisasi (misalnya;tim pengembangan produk) Berkoordinasi dan mengintegrasikan usaha – usaha dari fungsi dan departemen yang terpisah.

5.Partisipasi dalam tim meningkatkan komitmen karyawan dalam menerapkan keputusan keputusannya.

6.Diterima dalam satu tim meningkatkan rasa memiliki dan identitas diri para individual.

Yang Harus Dilakukan Pemimpin Untuk Membuat Tim Bintang

1.Memenangkan dukungan luar bagi tim

2.Membangun struktur bagi tim untuk menangani pekerjaan dengan efektif

3.Menginformasikan tujuan yang akan memberi inspirasi pada tim

4.Memanaskan iklim didalam tim

5.Mengembangkan proses yang efektif untuk bekerja sama

6.Membangun hubungan / koneksi yang berguna dari beberapa kepentingan

ASPIRASI UNTUK MASA DEPAN

A.Memposisikan Diri Anda

B.Mendistribusikan Kepemimpinan

C.Kualitas ,Gaya DanCitraKepemimpinan

D.Memenangkan Komitmen Bawahan

E.Waktu Yang Tepat pada Saat YangTepat

F.Membangun Tim Bintang

PENUTUP

Pada akhirnya , kita akan mengenali tanda , keahlian dan kemampuan ataupun kelebihan yang kita miliki untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.

Hal ini haruslah dipikirkan , dipahami dan juga diaplikasikan karena akan menjadi visi untuk membimbing kita di dalam perkembangan berikutnya dalam seni kepemimpinan.

MENYUSUN NASKAH IKLAN

Posted on by lia yulistino sugiono

Tips dan trik menyusun naskah iklan

9 CARA Membuat naskah iklan yang Powerful


Hampir semua kegiatan pemasaran melibatkan tulisan. Kebanyakan iklan di berbagai media memiliki dua unsur utama, yaitu gambar dan tulisan. Pesan iklan disampaikan melalui gambar dan tulisan. Bahkan dalam iklan advertorial, tulisan lebih dominan daripada gambar. Demikian juga ketika anda mengajukan surat penawaran via pos maupun e-mail. Kata-kata dalam tulisan bisa meyakinkan prospek. Namun, tidak semua tulisan bisa menarik perhatian pembaca. Berikut ini sembilan rahasia membuat tulisan yang kuat dan persuasif, yang dapat memotivasi pembaca untuk bertindak.

CARA #1: Menulis kepada seseorang, anda. Coba anda membandingkan tiga pernyataan berikut ini:

(1) Bagaimana meningkatkan hasil pemasaran;

(2) Bagaimana para pemasar meningkatkan hasil pemasaran;

(3) Bagaimana anda bisa meningkatkan hasil pemasaran.

Dalam kalimat ketiga, ketika kata “anda” digunakan, pembaca langsung melihat dan merasakan bahwa dirinya menjadi fokus dari tulisan itu. Jadi, pada saat pemasar menggunakan kata “anda”, prospek langsung merasa disapa dan merasa dirinya menjadi fokusnya dari pesan pemasaran itu. Kalau di sekolah kita diajarkan untuk menulis kepada orang ketiga, tetapi dalam pemasaran kita menulis untuk orang kedua, selalu menyapa para pembaca dengan sebutan “anda”.

CARA #2: Menerjemahkan keunggulan (fitur) ke dalam manfaat. Sebuah fitur merupakan fakta tentang anda atau bisnis anda. Manfaat adalah apa yang klien dapatkan ketika menggunakan fitur itu. Anda menghubungkan fitur dan manfaat dengan kata-kata “ini berarti”. Contohnya: Kami punya tujuh orang tim layanan pelanggan. (Lantas, apa manfaatnya bagi klien anda?) Ini berarti … kami dapat melayani semua kebutuhan pelanggan secara cepat dan tepat. (atau apapun artinya bagi pelanggan anda). Sebab itu, daftarkan semua competitive advantage dan fitur yang anda tawarkan kepada pelanggan. Kemudian terjemahkan fitur-fitur itu ke dalam manfaat yang dapat dinikmati pelanggan selama bekerja sama dengan anda.

Setiap kali anda menulis sesuatu dalam sebuah dokumen pemasaran, ungkapkan selalu manfaat yang anda tawarkan kepada klien. Ketika anda menerjemahkan fitur-fitur itu ke dalam manfaat, anda mengungkapkan alasan-alasan mengapa orang-orang menggunakan produk/jasa anda. Nyatakan manfaat-manfaat yang anda tawarkan dengan cara apa yang prospek inginkan, rasakan dan lakukan. Ingat, prospek tidak akan menggunakan jasa/produk anda sampai dia tahu apa manfaatnya bagi dia.

CARA #3: Menulis dengan penuh antusiasme. Bangkitkan gairah dari pembaca anda dengan kata-kata yang menggerakkan hati mereka untuk bertindak. Kata-kata yang memiliki impak yang tinggi tidak menjemukan. Pergunakan kata-kata kerja aktif, bukan pasif. Kalimat-kalimat yang aktif akan membuat para pembaca merasa terlibat dalam pesan anda.

CARA #4: Pilih kata-kata yang singkat dan sederhana. Tulislah dokumen-dokumen pemasaran anda menggunakan kata-kata yang singkat, padat dan jelas artinya. Kata-kata yang singkat memiliki kekuatan. Orang-orang yang sangat terpelajar sekalipun tidak alergi dengan kata-kata pendek. Para pembaca sangat mudah menangkap pesan yang disampaikan dalam sebuah kata yang pendek. Pergunakan kata-kata yang sangat berarti dan tidak bias. Ingat, apa yang anda katakan lebih penting daripada bagaimana anda mengatakannya. Anda tidak memerlukan bahasa yang berbunga-bunga untuk menyampaikan sebuah pesan secara terus terang. Pilihlah kata-kata yang singkat dan sederhana, tetapi sangat berarti.

CARA #5: Pergunakan kalimat-kalimat singkat. Biasanya, kalimat-kalimat singkat lebih mudah dibaca dan dimengerti daripada kalimat-kalimat panjang. Pembaca cenderung tidak tertarik pada kalimat-kalimat yang panjang dan berbelit-belit. Sebab itu, jika anda menemukan kalimat-kalimat yang beranak pinak, coba pecahkan menjadi dua atau tiga kalimat pendek. Mengapa? Saat pertama kali prospek tidak menangkap apa yang anda katakan, mungkin sambil menggerutu dia bilang, “Baik, saya akan membaca tulisan ini kemudian.” Dan anda tahu apa artinya. Namun, tentu tidak semua kalimat pendek. Ada kalimat yang lebih panjang dan yang lainnya lebih singkat. Kalau semuanya serba pendek, tulisan anda kelihatan tidak mengalir.

CARA #6: Pergunakan paragraf pendek. Setiap alinea tidak lebih panjang dari lima baris. Ingat, bukan lima kalimat, melainkan lima baris. Kalau sebuah alinea lebih panjang dari lima baris, coba pecahkan menjadi dua alinea pendek. Usahakan panjang alinea bervariasi antara yang pendek dan yang lebih panjang. Jangan serba panjang atau semuanya pendek.

CARA #7: Yakinkan pembaca dengan fakta. Jika anda ingin prospek menggunakan produk/jasa anda, tulisan anda harus bisa menjawab setiap pertanyaan yang mungkin dia ajukan. Ini berarti tulisan anda akan lebih panjang, tetapi jangan kuatir. Tulisan yang panjang akan efektif bukan karena dia panjang, tapi karena tulisan itu komplit. Sepanjang tulisan anda memuat data-data yang sangat dibutuhkan pembaca, tulisan pasti menarik. Kalau anda mendapatkan prospek yang tertarik, dia akan membaca setiap kata. Anda tidak bisa berharap prospek menggunakan barang/jasa anda jika dia tidak punya informasi-informasi yang dia perlu kan untuk mengambil keputusan. Sebab itu, jangan pelit dan data. Jadi, jangan pelit membeberkan fakta.

CARA #8: Perlakukan pembaca anda secara hormat. Selalu berbicara dengan penuh gairah kepada prospek. Pergunakan kata-kata dan kalimat-kalimat yang membangkitkan pengharapan dan semangat dalam hidup mereka. Pujilah keberhasilan dan keberanian mereka. Ketika tersanjung, orang-orang biasanya melihat peluang. Tetapi jika dihina atau dipersalahkan, mereka berhenti membaca dan membuang tulisan anda. Perlakukan prospek anda seakan-akan dia mengendarai Rolls Royce dan menghadari opera.

CARA #9: jangan boros kata-kata. Periksalah setiap kata dalam dokumen pemasaran anda. Seberapa penting dan berartinya anda menggunakan satu kata? Apakah dia perlu? Apakah tidak ada kata lain yang lebih tepat untuk mengatakan sesuatu? Apakah kata itu bisa merangsang rasa ingin tahu pembaca sekarang juga? Gunakan kata-kata yang mendukung penyampaian pesan anda secara tepat. Untuk mendapatkan kata-kata yang tepat, setiap tulisan anda harus dibaca kembali dan diedit. Jangan enggan untuk melakukan koreksi secara terus-menerus.


NASKAH IKLAN RADIO

Iklan Radio: Zonder Gambar Ora Hambar, yang pertama kali terpikirkan adalah, audience radio memang tidak punya mata. Atau kalau toh punya indra pelihat, maka indra pelihat itu tetaplah berbentuk telinga. Artinya, pekerjaan yang berhubungan dengan dunia radio ini dituntut untuk bekerja ekstra kuat di sisi audio. Ya iyalah, sejak kapan radio mengeluarkan gambar atau tulisan?

Pada dasarnya semua iklan adalah sama, tujuannya menjual sesuatu. Sesuatu tersebut bisa berupa barang, jasa, pengetahuan atau perubahan perilaku. Pastikan bahwa apapun bentuk iklan anda di radio, selalu mengacu pada tujuan dari iklan itu sendiri.
Biasanya untuk orang yang baru terjun dalam dunia periklanan radio, akan selalu terbentur pada hal-hal seperti, terbatasnya ruang gerak, karena media yang hanya mengeksplorasi audio saja, pendengar yang tidak focus, karena sampai saat ini radio memang masih merupakan media sekunder, dimana pendengarnya bukanlah orang yang secara khusus menyediakan waktu untuk mendengarkan radio. Orang mendengarkan radio biasanya sambil mengerjakan pekerjaan lain.
Tapi dibalik kelemahan-kelemahan radio yang disebutkan, ada beberapa keuntungan lain yang bisa dieksplor dari dunia radio ini. Keunggulan tersebut antara lain:
o bersifat personal
o lebih imajinatif
o murah produksi, murah biaya tayang
o memilik penggemar yang sangat loyal
o demografi tertentu
o target audience-nya sangat spesifik
o lebih bebas untuk berkreasi

ide vs. eksekusi

Benturan lain yang biasa ditemui oleh penulis naskah iklan radio adalah pada saat akan mengeksekusi sebuah ide. Keterbatasan media sering kali menjadi alasan utamanya. Tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seorang copywriter untuk radio ad ini.

Ide

Yang pertama kali harus dilakukan oleh copywriter adalah, menyepakati ide. Artinya, seorang copywriter atau satu tim penulis iklan radio, sebelum menulis iklan radio, haruslah membuat kesepakatan akan sebuah ide. Ide sebuah iklan sebaiknya adalah tunggal (single minded) karena karakteristik media radio tidak efektif untuk menyampaikan ide yang terlalu banyak. Pendengar hanya mendengarkan konten selain lagu paling lama 2 menit. Bahkan banyak yang lebih ekstrim, ketika detik kedua konten – selain lagu – tidak menarik perhatiannya, maka tanpa beban pendengar akan mengganti ke chanel radio lain. Begitu pendengar berpindah ke radio lain, maka jangan harap dia akan kembali ke radio sebelumnya, karena sering kali ditemui pendengar radio bahkan tidak mengenal radio apa yang sedang didengarkannya. Itu artinya, membuat iklan radio yang tidak menarik, sama dengan membuat pendengar meninggalkan radio kita.
Ide adalah sesuatu yang bersifat jenerik. Semua radio memiliki ide yang kurang lebih sama. Pe er terbesar copywriter adalah untuk membuat ide yang terlempar dari radionya menjadi sesuatu yang memiliki nilai lebih untuk pendengar. Nilai lebih itu bisa berupa pengetahuan baru, hiburan (lucu, menyenangkan, menampilkan tokoh terkenal, memberikan hadiah, dsb).

Skrip/ naskah

Berikutnya, ketika sudah mulai menumpahkan ide ke skrip, harus terus diingat di kepala penulis skrip iklan radio, bahwa skrip yang baik adalah skrip yang relevan untuk pendengar. Ada beberapa pertanyaan yang harus terus menerus ditanyakan oleh pembuat skrip iklan radio, sebelum naskah tersebut direkam menjadi bentuk audio. Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah:
- relevan atau tidak untuk pendengar
- memiliki nilai manfaat atau tidak untuk pendengar, dan
- apakah iklan tersebut jika sudah dirubah dalam bentuk audio, akan menjadi sesuatu yang bisa menjadi pergunjingan pendengar atau tidak.
Relevan artinya jelas, sesuai dengan target audience. Memiliki nilai manfaat atau tidak untuk pendengar, artinya apakah iklan tersebut cukup memberikan informasi, hiburan, konfirmasi, dan sebagainya. Bisa dipergunjingkan atau tidak. jika iklan radio dibuat tanpa greget, maka hampir bisa dipastikan bahwa efeknya juga tidak akan kuat di telinga pendengar. Karena membuat iklan radio adalah sebuah upaya mencuri perhatian pendengar dari kegiatan utamanya.
Iklan yang bisa dipergunjingkan adalah iklan yang out of the box. Tidak biasa. Tidak pasaran. Breaking the rule.

Eksekusi

Eksekusi iklan radio bukanlah hal yang mudah. Skrip yang bagus tidak menjamin bahwa iklan akan menjadi sempurna karena skrip ini harus diubah menjadi bentuk yang semata-mata dinilai orang dari kualitas audionya.
Pada saat melakukan voice over, penulis naskah idealnya ikut menentukan siapa saja yang menjadi talent atau pengisi suara iklan tersebut. Penulis naskah adalah satu-satunya orang yang memahami dan memiliki gambaran tentang bagaimana naskahnya akan dieksekusi. Pemilihan talent yang salah akan membuat iklan tidak sesuai dengan gambaran penulis naskah.
Setelah dilakukan voice over, operator produksi juga harusnya mendapatkan brief yang cukup dari penulis naskah. Brief ini meliputi, suasana seperti apa yang akan dibangun oleh penulis naskah. Pembangunan suasana ini akan lebih kaya dengan menambahkan sound efect dan musik di samping voice over talent itu sendiri. Bahkan sering kali sound efect dan musiklah yang memiliki porsi lebih banyak masuk ke telinga pendengar, dibandingkan voice overnya sendiri.

Jangan takut mengganti

Setelah sebuah iklan mendapatkan persetujuan untuk ditayangkan, jangan segan-segan untuk mengecek dampaknya pada pendengar. Cara mengeceknya bisa dilakukan pada orang lain di dalam studio yang tidak terlibat dalam pembuatan iklan. Tanyakan pada mereka apa yang tergambar di kepala, ketika mendengar iklan tersebut muncul dari radio. Kalau gambaran mereka tidak sesuai dengan harapan penulis naskah, gak usah panih. Jangan segan-segan untuk merevisi atau bahkan mengganti iklan tersebut.
Ingat bahwa kekuatan radio adalah yang memiliki theater of mind. Jika film yang terputar di kepala pendengar tidak sesuai dengan film yang dibayangkan oleh penulis naskah, maka artinya pesan yang ingin disampaikan tidak tercapai.
Coba temukan cara lain untuk menyampaikan pesan tersebut.

SEGMENTATION IN GLOBAL MARKETING

Posted on Jumat, 17 Juli 2009 by lia yulistino sugiono

Global Marketing Management

Segmentasi,

Targeting and Positioning

Tujuan pembelajaran

z Memahami tujuan dan kegunaan segmentasi pasar global

z Mengetahui pendekatan dalam segmentasi pasar global dan menggunakan kriteria segmen pasar yang berbeda untukmenentukan target pasar

z Mempelajari berbagai cara berbeda dalam positioning products di pasar global

Segmentasi Pasar Global

... Adalah proses membagi pasaran dunia menjadi subkelompok konsumen yang berbeda dari konsumen yang mempunyai kebutuhan yang sama

into distinct subsets of customers

that have similar needs

(eg country groups or individual interest groups).

Kriteria segmentasi pasar global

z Geographic segmentation

z Demographic segmentation

z Psychographic segmentation

z Behaviour segmentation

z Benefit segmentation

z Vertical v. horizontal segmentation

Psychographic Segmentation

z ... Berdasar pada sikap, nilai dan gaya hidup

z ... is measured through extensive item batteries which cover activities, interests and opinions (AIO-studies)

z lifestyle surveys,

Backer Spielvogel & Bates’ Global Scan (BSB Global Scan )

z ... encompasses 18 countries, mostly in the Triad

z The researchers studied

y consumer attitudes & values,

y media viewership/readership,

y buying patterns,

y product use.

z 5 global psychographic segments represent 95% of the adult populations in the countries surveyed.

Behaviour and Benefit Segmentation

z Behaviour segmentation

Focus pada saat kapan dan berapa banyak produk yang dibeli ataupun dignakan oleh konsumen

tingkat penggunaan: sering , medium, light users, bukan pengguna

status pengguna: pemakai potential, bukan pmakai, bekas pemakai, sering memakai, pemula & pemakai produk pesaing

z Benefit segmentation

saat ini kebutuhan pokok konsumen telah terpenuhi. Meskipun demikian konsumen mencari nilai tambah dari pembelian yang dilakukan

Global Targeting

Setelah pasar dibuat segmen, penetapan pasar sasaran dilakkan lewat evaluasi dan membandingkan bebrapa segmen yang diidentifikasi untuk memilih satu atau lebih sasaran yang mempunyai potensi tertinggi.

Kriteria untuk Targeting :

  1. ukuran segmen pasar saat ini dan potensi pertumbuhan

  1. kemampuan berkompetisi

  1. kesuaian dan dapat dimasuki

Selecting a
Global Target Market Strategy

z standardised global marketing

y mass marketing, marketing mix yag sama untuk pasar luar negri yang potensial

z concentrated global marketing

y Sasaran pada segmen tunggal dari pasar global

z differentiated global marketing

y 2 atau lebih segmen yang berbeda

Global Product Positioning

z Adalah penempatan produk di benak konsumen

z Sebagian dikontrol oleh pemasar (marketing mix) dan sebagian tidak !

z Digambarkan dengan sebuah “positioning map”

y 2 dimensi

y Atau multidimensional (MDS)

High-Tech Positioning

z Strategi Positioning untuk produk yang dibeli products which are purchased on concrete product features; buyers typically already possess or wish to acquire considerable technical information

z Suitable for

y technical products, such as computers or chemicals,

y special-interest products, such as sporting goods

High-Touch Positioning

z The emphasis lies more on the product’s image; specialised information appears of minor relevance

z Suitable for

y products that solve a common problem: soft drinks

y global village products: cosmetics or fashion

y products that use universal themes

Ringkasan

z Sebelum perusahaan mengembangkan diri kep pasar luar negeri haruslah menganalisis lingkungan global

z Segmentasi pasar global bermaksud mengidentifikasi persamaan dan perbedaan konsumen potensial.

z Global targeting: segmen pasar dievaluasi dan dibandingkan kemudian disusun strategi targeting yang tepat.

z Untuk mencapai segmen pasar yang ditargetkan harus dipili strategi positioning, dalam konteks high-tech or high-touch positioning .

MENGENAL IKLAN MEDIA SIAR

Posted on by lia yulistino sugiono

Iklan Media Siar

Apabila Anda tertarik untuk menemui Calon Pelanggan anda.... Anda dapat memanfaatkan kami sebagai mediator yang paling tepat. Teliti dulu. Benarkah kami adalah mediator yang tepat untuk usaha anda. Anda jangan langsung percaya dengan buaian kapoultir iklan yang datang ke tempat anda. Pastikan mediator anda adalah instansi / lembaga / atau apapun namanya, yang bersinggungan langsung dengan calon pelanggan Anda. Cari tahu tentang kami dulu..... Bandingkan kami terlebih dulu. Dan pada akirnya Anda akan bertemu lagi dengan Sanganam FM untuk mempercayakan Promo Produk Anda.....
Dan Apabila Anda Ber-iklan kepada Kami, Anda tidak hanya mendapatkan benefit berupa tersampaikannya promo produk anda kepada calon pelanggan Anda yang notabene adalah pendengar Kami. Tetapi Anda Juga akan kami rekomendasikan untuk dapat beriklan pada radio jaringan kami dengan tarif yang lebih Friendship, dibanding anda nego langsung dengan radio partner Kami.
Buktikan
disini untuk meyakinkan Anda.

Yang Dimaksud Siaran Iklan adalah:
Sesuai dengan UU No 32 Thn 2002 tentang Kepenyiaran, disebutkan bahwa : Siaran Informasi yang bersifat komersil dan layanan masyarakat tentang tersedianya jasa, barang, dan gagasan yang dapat dimanfaatkan oleh kalayak dengan atau tanpa imbalan kepada lembaga penyiaran yang bersangkutan (UU No 32 Th 2002 Bab I, Pasal 1 ayat 5)

Yang Dimaksud Siaran Iklan Komersil adalah:
Siaran Iklan Niaga adalah siaran iklan komersil yang disiarkan melalui penyiaran radio atau televisi dengan tujuan memperkenalkan, memasyarakatkan, dan/atau mempromosikan barang atau jasa kepada khalayak sasaran untuk mempengaruhi konsumen agar menggunakan produk tersebut (UU No 32 Th 2002 Bab I, Pasal 1 ayat 6)

Yang Dimaksud Siaran Iklan Layanan Masyarakat adalah:
Siaran iklan non komersil yang disiarkan melalui penyiaran radio atau televisi dengan tujuan memperkenalkan, memasyarakatkan, dan/atau mempromosikan gagasan, cita - cita, anjuran, dan/atau pesan - pesan lainnya kepada masyarakat untuk mempengaruhi khalayak agar berbuat dan/atau bertingkah laku sesuai dengan pesan iklan tersebut. (UU No 32 Th 2002 Bab I, Pasal 1 ayat 7)

Di dalam penyampaian iklan komersil ataupun layanan, Sanganam FM menggunakan 2 (dua) gaya penyampaian. Yaitu gaya penyampaian :
A.Adlips ( iklan baca )
Yaitu gaya penyampaian iklan yang dibacakan. Teknik ini sangat efektif untuk iklan / pesan layanan yang pendek, atau iklan temporer (hanya beberapa hari penayangan saja). Kelebihan dari teknik ini, dapat disampaikan kapan saja, karena diucapkan langsung oleh penyiar / announcer. Kelemahan teknik ini, relatif lebih mahal dibanding iklan spot.

Kelebihan beriklan dengan teknik Adlips

• Dapat dibacakan kapan saja sesuai dengan keinginan anda (tergantung pada saat kontrak kerja sama di buat)
• Efek Sugesti dari seorang penyiar / Announcer / Mc radio, sangat mempengaruhi terhadap minat calon pelanggan. Hal ini menjadi sangat efektif sekali apabila produk anda baru saja louncing, Karena Announcer kami akan berfungsi (secara tidak langsung) sebagai indirect sales promo.
• Perbandingan Harga dengan efek yang ditimbulkan masih sangat terjangkau. Karena sebuah iklan Adlips terhitung kategori Iklan Lokal.

Hal tersebut diatas hanya bisa anda dapatkan pada Sanganam FM karena:

  • Dengan dukungan announcer yang berpengalaman, sudah pasti meteri / naskah dari iklan adlips anda akan disampaikan dengan gaya yang khas Sanganam FM. Sebuah gaya presentasi yang tidak akan ditemukan di stasiun Radio Lain.
  • Materi acara pada Sanganam FM memang kami dedikasikan kusus bagi anda dangdut mania. Kemasan musik dangdut dari berbagai aliran ada pada kami. Sejak dangdut gaya A.Rafiq hingga dangdut remix. Berbagai irama dangdut tabla gaya Rhoma sampai gaya inne syntya kami racik dalam acara - acara unggulan yang benar - benar lain dari pada yang lain. Untuk lebih lanjut tentang materi acara Sanganam FM klik disini.
  • Gaya Siar yang friendly, Orang tidak akan merasa risi apabila mendengarkan gaya siar Sanganam FM yang (agak Kontoversif) ceplas ceplos tanpa harus merasa dihantui perasaan subversib. Karena memang kami sangan menjauhkan diri dari pembicaraan yang mengarah kepada subversib, sara, dan asasionalisasi nafsi - nafsi (pembicaraan yang mengarah kepada rahasia pribadi seseorang)
  • Timing yang Tepat, Dalam pengemasan acara, kami selalu mengadakan survey lapangan, melalui polling yang dilakukan Sanganam Fan's Club. Sanganam Fan's Club inilah yang sebenarnya paling berpotensi untuk membentuk rencana tampilan / siaran Sanganam FM. Karena pada dasarnya; Bentuk, gaya, format siar Sanganam FM mengacu kepada refferensi Sanganam Fan's Club sepanjang tidak melanggar Perundang undangan yang berlaku

Bebarapa Contoh Iklan Baca:

Iklan tentang penerimaan karyawan baru
Format biasanya ditentukan oleh pengiklan / perusahaan yang bersangkutan.
Pemberitahuan lelang atau pengumuman
Pemberitahuan / pengumuman, dalam bentuk apapun; akan sangat efektif dipergunakan teknikadlips ini.

B.Spot ( Iklan Record)
Yaitu gaya penyampaian iklan yang ditayangkan melalui pemutaran spot / promo / iklan dalam bentuk record pada media. Bentuk media player yang kami gunakan selalu menggunakan software yang ter up to date. jadi akan selalu dapat mengikuti perkembangan teknologi media player. Teknik iklan spot sangat efektif untuk berbagai keperluan pemasaran, preposisi, atau diskripsi dan lain sebagainya, karena spot ini akan di ulang ulang sesuai permintaan anda. Kelemahan dari teknik ini relatif mahal dari segi pembikinan spot (pra tayang di radio)
Iklan Spot adalah iklan standart dalam dunia broadcast. Di Sanganam FM, Iklan spot dapat di kategorikan menjadi 2 hal.

  1. Spot lokal. Yaitu sebuah spot iklan yang materinya berisi materi lokal (dalam hal ini lingkup provinsi jambi). Contoh Spot iklan lokal adalah; apabila anda menawarkan barang atau jasa yang hanya dapat diakss oleh warga pada daerah tertentu, Jambi misalnya. Atau produk anda hanya tersedia pada wilayah terentu. Jika produk anda tenyata dapat diakses atau dapata diperileh diluar wilayah tersebut (wilayah pemasaran anda) maka tarif iklan yang dikenakan adalah tarif spot iklan nasional
  2. Spot Nasional. Yaitu sebuah spot iklan yang materinya berisi penawaran produk / jasa yang dapat diakses secara nasional, yang ditengarai dengan beredarnya produk tersebut secara nasional. Contoh misalnya; anda berdomisili di Jambi, Anda mempunyai produk rati misalnya; wilayah pemasaran roti anda tersebut mencakup wilayah di luar provinsi jambi, maka: terif spot iklan yang di kenakan adalah tarif spot iklan Nasional.

Sebagai bahan refferensi, spot iklan nasional: pajak promosi ditanggung oleh pengiklan.


Beberapa aturan yang perlu diketahui oleh client kami:

  • Materi iklan diluar tanggung jawab Sanganam FM
  • Segala hal yang berhubungan dengan (termasuk tetapi tidak mutlak) efek samping, malfungsi, dan pengaruh dari produk / jasa yang di iklankan Sanganam FM, adalah tangung jawab client.
  • Sanganam FM hanya bertangungjawab terhadap sosialisasi produk kepada kalayak. Segala hal yang mungkin timbul dari sosialisasi tersebut menjadi tangunjawab client sepenuhna.
  • Apabila terjadi style iklan yang akan ditayangkan Sanganam FM, tidak sejalan dengan Brand Sanganam FM, maka Sanganam FM berhak merubah style iklan itu sesuai dengan Brand Sanganam FM, tanpa merubah materi iklan yang ersangkutan.
  • Keterlambatan pembayaran sebuah iklan akan dihitung sejak tanggal terakir iklan tersebut ditayangkan di Sanganam FM, sebagaimana yang tertulis di kontrak kerja.
  • Untuk menghindari keterlambatan pembayaran, bagian administrasi kami akan memberikan notifikasi pembayaran minimal 7 hari kerja sebelum limit waktu.
  • Semoga anda dapat mempercayakan promo produk anda kepada kami.