PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI

Posted on Senin, 27 September 2010 by lia yulistino sugiono

Rudolf F. Verderber
Komunikasi memiliki dua fungsi; Sosial dan pengambilan keputusan.

Fungsi sosial yaitu: untuk tujuan kesenangan, untuk menunjukan ikatan dengan orang lain, membangun dan memelihara hubungan.
Fungsi pengambilan keputusan: apa yang kita akan lakukan.

Fungsi-fungsi Komunikasi

Komunikasi Sosial: mengisyaratkan bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari ketegangan, dan memupuk hubungan dengan orang lain.

Komunikasi Ekspresif: komunikasi ini dapat dilakukan pada diri sendiri (sendirian) atau dengan orang lain dalam kelompok. Komunikasi ini tidak bertujuan langsung mempengaruhi orang lain. Namun lebih kepada bagaimana perasaan2 (emosi) kita disampaikan melalui pesan-pesan nonverbal: perasaan sayang, peduli, marah, benci, takut, dsb.

Komunikasi Ritual : Erat kaitannya dengan komunikasi ekspresif, namun dilakukan secara kolektif melalui upacara-upacara keagamaan misalnya berdoa, sholat, misa, dan sebagainya.

Komunikasi Instrumental mempunyai beberapa tujuan: menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap dan keyakinan, mengubah perilaku, atau menggerakan tindakan, dan juga menghibur.
(bersifat persuasif)

0 Responses to "PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI":