BERITA

Posted on Selasa, 22 Juni 2010 by lia yulistino sugiono

Nilai-Nilai Berita Untuk Berita yang bernilai

1. Keluarbiasaan (unsualness)
berita adalah sesuatu yang luar biasa. Dalam pandangan jurnalistik, berita bukanlah suatu peristiwa biasa. Contoh: peristiwa pesawat terbang melayang di udara, gunung meletus yang menyebabkan puluhan ribu jiwa harus mengungsi.
2. Kebaruan (Newness)
berita adalah semua apa yang terbaru. Semua hal yang baru, apa pun namanya pasti memilki nilai berita. Contoh: pemilihan presiden baru, gubernur baru, mobil keluaran terbaru.
3. Akibat (Impact)
berita adalah segala sesuatu yang berdampak luas. Suatu peristiwa tidak jarang menimbulkan dampak besar dalam kehidupan masyarakat. Contoh: kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), kenaikan tarif listrik, kenaikan beras

4. Aktual (Timeliness)
berita adalah peristiwa yang sedang atau baru saja terjadi. Secara sederhana aktual berarti menunjuk pada peristiwa yang baru atau yang sedang terjadi. Contoh: gempa bumi. Tsunami, kerusuhan.
5.Kedekatan (Proximity)
Berita adalah kedekatan. Kedekatan mengandung dua arti. Kedekatan geografis dan kedekatan psikologis.kedekatan geografis menunjuk pada pada suatu peristiwa atau berita yang terjadi di sekitar tempat tinggal kita.
kedekatan psikologis lebih banyak ditentukan oleh tingkat keterikatan pikiran, perasaan atau kejiwaan sesseorang dengan suatu objek peristiwa atau berita.
6. Informasi (information)
berita adalah informasi. Hanya informasi yang memiliki nilai berita atau banyak memberikan manfaat kepada publik yang patut mendapatkan perhatian media. Contoh: rubrik agenda, seputar kota, seputar kampus.

7. Konflik (Conflict)
berita adalah konflik atau segala sesuatu yang mengandung unsur atau sarat dengan dimensi pertentangan. Contoh: berita tentang kerusuhan,demonstrasi.
8. Ketenaran (prominence)
berita adalah tentang orang-orang penting, pesohor, public figure, selebriti. Teori menegaskan nama menciptakan berita ( name makes news)
9. Ketertarikan manusiawi (Human interest)
berita yang lebih banyak menyentuh perasaan daripada mengundang pemikiran. Contoh: kisah tentang penjaga rel kereta api

10. Seks
Berita adalah seks. Sepanjang sejarah peradaban manusia, segala hal yang berkaitan dengan seks pasti menarik dan mengundang pehatian

0 Responses to "BERITA":